Senin, 24 Mei 2010

Mahasiswa Bahasa Indonesia Kerjasama BEM FKIP USN Kolaka Gelar Seminar Jurnalistik



Mahasiswa Bahasa Indonesia Kerjasama
BEM FKIP USN Kolaka Gelar Seminar Jurnalistik

Untuk mendapatkan gambaran tentang perkembangan media jurnalistik di Indonesia secara umum dan Kabupaten secara khusus serta memberikan pengetahuan praktis dari profesi jurnalis, Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Semester VII bekeja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa FKIP USN Kolaka menggelar Seminar Jurnalistik di Aula USN Kolaka Minggu (25/5) lalu.
Seminar jurnalistik yang mengusung tema “ Perkembangan Media Jurnalistik dan Peran serta Masyarakat di Kabupaten Kolaka, dibuka oleh Rektor USN Kolaka diwakili Drs.Daslan MPd,Pembantu Rektor I Bidang Akademik. Dalam sambutannya dia mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa secara keseluruhan.Utamanya dalam menulis dan keterampilan jurnalistik, “Dengan penguasaan keterampilan jurnalistik ini juga akan membantu mahasiswa dalam proses menyusun skripsi sebagai karya ilmiah yang wajib bagi calon sarjana,“ungkapnya seraya menambahkan, supaya kegiatan ini diikuti dengan serius.
Sebagai nara sumber dalam seminar jurnalistik ini, M.Djufri Rahim SP.Msi, (Kepala Lembaga Riset dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kendari Pos) mengungkapkan bahwa dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (internet) telah membawa perubahan yang cukup cepat dalam kegiatan pekerja media dan jurnalis saat ini.Perkembangan serta kemajuan media , tidak lagi dikuasai oleh media konvensional, seperti media cetak,elektonik tetapi kini telah hadir media baru yang dapat terkoneksi dengan internet. ‘’Kecepatan dan kehangatan sebuah peristiwa yang dikemas menjadi berita menjadi hal yang diutamakan, tentunya ini bisa menjadi ancaman bagi penerbit atau perusahaan koran, dan televisi untuk bersaing berebut pasar,’’jelasnya.
Pembicara yang juga banyak menerbitkan buku ilmiah populer menjelaskan, kini juga telah berkembangan kegiatan-kegiatan meliput,melaporkan,dan menuliskan sebuah kejadian yang dilakukan oleh semua orang, dengan menggunakan media facebook,blogger,twiter dan sebagainya.’’Kini kita bisa melakukan pekerjaan yang dilakukan oleh jurnalis, yakni mencari,mengolah,menulis, melaporkan dan menyiarkan data, gambar dan suara untuk diketahui publik tanpa terikat dengan perusahaan penerbit koran, kegiatan ini dikenal dengan istilah citizen jurnalisme atau jurnalisme warga,’’katanya.
Dalam seminar ini dikupas berbagai persoalan yang biasa terjadi dan kerap menimpa masyarakat sebagai konsumen media, dan wartawan atau jurnalis dalam menjalankan tugasnya. Untuk itu, katanya sebagai masyarakat sesungguhnya juga memiliki hak untuk melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap kerja dari jurnalis,dan hak masyarakat itu dijamin UU No 40 Tahun 1999 tentang Pokok-Pokok Pers.
Menurut Djufri Rahim, kemajuan media jurnalistik tentunya akan memberikan perubahan yang signifikan terhadap kerja dari jurnalistik.Termasuk perusahaan penerbitan pers harus melakukan perencanaan ulang untuk bisa bertahan dari bisnis media yang membutuhkan kecepatan dalam menyajikan informasi kepada masyarakat. (nurul)

1 komentar: